BERITA BPIP :: Jum'at, 30-04-2021

BPIP Dan BSSN Perkuat SIKD Tanda Tangan Elektronik

BPIP RI

Jakarta:- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjalin kerjasama teknis dengan BSSN-BSrE tentang peluncuran tanda tangan digital melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Sistem ini nantinya sebagai upaya sarana untuk mendukung pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan percepatan dan mempermudah birokrasi. 

Sekretaris utama BSSN Syahrul Mubarak mengatakan sangat senang sekali dengan penandatanganan yang dilakukan antara BPIP dan BSSN yang diharapkan sebagai langkah awal serta pemanfaatan layanan yang ada di BSSN. Syahrul berharap layanan sertifikat elektronik bisa berjalan dengan baik dan lancar dalam penggunaan sertifikat elektronik. 

"Yang digunakan BPIP sekarang itu merupakan langkah terbaik dalam menggunakan tanda tangan elektronik. BPIP menggunakan tanda tangan elektronik berbasis sertifikat dan ini yang merupakan langkah baru dan diharapkan bisa berjalan dengan baik dan normal nantinya", jelas Sestama BSSN saat penandatanganan di Gedung BPIP (28/4/21). 

Sementara itu, Sekretaris Utama BPIP Dr. Karjono mengatakan langkah ini merupakan terobosan baru yang dilakukan BPIP dalam kemajuan teknologi saat ini. Karjono berharap layanan yang sebelumnya manual bisa menggunakan tanda tangan elektronik ini sebagai yang valid dan sah digunakan di lingkungan BPIP. 

"Jadi kalau titik atau koma saja tergeser itu sudah tidak sah dan tidak valid dalam penandatangan yang biasa dilakukan dengan kertas. Dan ini yang wajib kita gunakan karena bisa mengantisipasi pemalsuan." Jelas Karjono. 

Karjono berharap untuk langkah kedepan tidak hanya menggunakan aplikasi tanda tangan elektronik tetapi masih bisa menciptakan aplikasi lainnya yang bisa digunakan oleh orang banyak baik dilingkungan Pemerintah ataupun instansi lain yang ingin menggunakan aplikasi tanda tangan elektronik ini. 

"Kalau bisa jangan hanya tanda tangan elektronik saja, nanti akan ada juga terobosan lainnya menggunakan basis lain seperti sumaker, e-bugjeting, e-planning, regeling dan lainnya bisa menggunakan basis elektronik nantinya. Regulasi yang sudah diterapkan kami akan terapkan juga disini. Dan berbicara dengan Pancasila ada di BPIP." Jelasnya. (BM)

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita BPIP
Rubrik lainnya
Berita BPIP
Kunjungan kerja